,

,

Selasa, 18 Februari 2014

Sejarah Desa Sungai Langka

SEJARAH DESA SUNGAI LANGKA

Sebelum menjadi Desa pemekaran dengan sebutan “KAMPUNG SUSUKAN”, maka pada umumnya wilayah Sungai Langka merupakan areal perkebunan asing (Belanda), yang dibumi hanguskan oleh balatentara pendudukan Jepang pada tahun 1945.
Kemudian pada tahun 1945 mulai dilakukan pengusahaan/pengelolaan kembali tanah perkebunan tersebut, dan bertindak sebagai koordinatornya adalah BAPAK SABICHUN sampai dengan tahun 1950.


Dan pada waktu itu Bapak Residen Lampung  pada waktu itu Bapak Mr.GELE HARUN ditempatkan
salah satu Kompi Corps Tjadangan Nasional (CTN) yang didatangkan dari JawaTimur, yaituKompi C dibawah pimpinan Bapak LETTU SUPRAPNO.
Areal yang diserahkan pengelolanya untuk rombongan Kompi C CTN ini adalah sebagian ini adalah sebagian dari Areal tanah perkebunan Sungai Langka, dengan usaha dan kegiatan yang dipimpin oleh Bapak SADIKIN, dan DANKI C Bapak TU SUPRAPNO meliputi :
1.    Perkebunan kopi dankaret
2.    Pembuatan danPengairan (DAM C) di Way Linti
3.    Kolam pemandian Sungai Langka
4.    Pembangunan Perumahan untuk Anggta Kompi  C
Dalam perkembangan selanjutnya pada tanggal 03 Mei 1945 berdasarkan Keputusan Presiden RI seluruh Anggota  CTN tersebut dikembalikan kepada masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut maka kaseluruh penduduk yang berada di areal Sungai Langka digabungkan kepada Pemerintahan Bernung dengan status pendukuan yang dipimpin oleh seorang kami tua, dan yang menjabat sebagai kami tua yang pertama adalah BAPAK SADIKIN.


0 komentar:

Posting Komentar