,

,

Rabu, 26 Februari 2014

Salak PONDOH


Ada di dusun : 4,5 dan 7 yang sering di budi dayakan.,
Tahap-tahap budidaya salak dapat mengikuti rangkaian kerja berikut: 1) Penanaman pohon peneduh, 2) pengolahan lahan dan pembuatan lubang tanaman, 3) pembibitan atau pencangkokan bibit, 4) penanaman, 5) penyulaman, 6) pemupukan, 7) pembumbunan, 8) penyiangan, 9) pengendalian hama dan penyakit, 10) pemangkasan, 11) penyerbukan, 12) panen dan pasca panen. Adapun lebih rincinya dengan melakukan penanaman pohon peneduh dan pengolahan lahan dan pembuatan lubang tanam adalah sebagai berikut :
A. Penanaman Pohon Peneduh
Pohon peneduh yang umum digunakan adalah lamtoro, dadap, turi, atau pohon buah-buahan. Pohon peneduh ditanam 1 tahun sebelum penanaman salak dengan jarak tanam 3 x 3 m untuk pohon bertajuk
sempit dan 6 x 6 m untuk pohon bertajuk lebar. Letak pohon pelindung berada pada titik tengah di antara 4 tanaman salak

B. Pengolahan Tanah dan Pembuatan Lubang Tanaman.
Pengolahan tanah dilakukan dengan tujuan untuk menggemburkan tanah agar menjadi area pertumbuhan tanaman yang baik, sekaligus untuk membersihkan tumbuhan pengganggu.Pengolahan tanah meliputi pekerjaan membersihkan tumbuhan pengganggu dan membalik tanah, yaitu dengan mencangkul tanah sedalam ± 30 cm dan kemudian membalikkannya.Hal tersebut dilakukan 2 minggu sebelum tanam.Persiapan lubang tanam adalah sebagai berikut.
a. Buat lubang tanam dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm dan jarak antar lubang 3 x 3 m. Pisahkan tanah bagian atas dan bagian bawah, lalu tanah bagian atas diaduk dengan 25 kg pupuk kandang. Kembalikan tanah bagian bawah ke posisi semula dan kemudian disusul dengan tanah bagian atas yang telah dicampur dengan pupuk kandang.Tanah dibiarkan selama 2 minggu.
b. Sehari sebelum tanam, lubang tanam dibuat berukuran 30 x 30 x 30 cm di atas tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang.

0 komentar:

Posting Komentar